Monday, July 10, 2017

Mekanika Tanah_3 : Komposisi Tanah :

Pada bahasan kali ini, kita akan mengulas tentang komposisi atau unsur-unsur pendukung dari material tanah. Apa itu komposisi atau unsur pendukung?

Gambarannya, kalau kita mau membuat kue, pasti membutuhkan bahan-bahan yang dipakai untuk membuat adonannya, ada tepung terigu, gula, telur dll. Nah.....tanah pun seperti itu. Material tanah yang kita lihat sehari-haripun memiliki bahan penyusun. Kue saja ada unsur pendukung, tanah juga gak mau ketinggalan lho.....😊


Susunan Tanah (Sumber: Kamal Tawfiq, Ph.D. P.E.)
Berdasarkan buku-buku mekanika tanah (soil mechanics), tanah terdiri atas 3 komponen utama yaitu:
  1. Butiran padat (solid
  2. Air (water)
  3. Udara (air)
Ketiga komponen diatas menjadi satu kesatuan yang kita sebut TANAH. Untuk mengetahui komposisi butiran padat, air dan udara dalam satu kesatuan tanah, maka kita coba jabarkan seperti penjelasan berikut.

Apabila volume tanah dinotasikan sebagai V
Maka volume tanah adalah gabungan dari volume butiran padat, volume air dan volume udara. Sehingga dapat kita rumuskan seperti dibawah ini.






Dimana:
Vs   = Volume butiran padat
Vw  = Volume air
Va   = Volume udara

Komponen volume pori (Vv) dapat kita definisikan sebagai komponen yang terdiri atas volume air dan volume udara, sehingga:




Dari gambar dibawah dapat kita lihat, untuk berat total tanah hanya diperhitungkan berat air (Ww) dan butiran padat (Ws) nya saja, sedangkan komponen udara tidak diperhitungkan karena sangat kecil sehingga "biasanya" diabaikan. Sedangkan untuk volume total, memperhitungkan ketiga komponen seperti penjelasan diatas.

Komposisi Tanah
Dari komponen yang tertera pada gambar diatas, dapat kita jabarkan lagi untuk mencari parameter-parameter lain yang menjadi sifat-sifat dari tanah yang kita tinjau.



Hubungan antara volume yang umum dipakai

















Hubungan antara Berat dan Volume



Hubungan antara g, e, Wc dan Gs







No comments:

Post a Comment